Monday, November 26, 2007

Good bye Complain-eR

“Jakarta panas banget !! “
“Gue bilang juga apa? Kalo udah gini kan sapa yang susah??”
“Dia ga pernah ngertiin gue”
“Macet banget siyy !!”

Complain…complain… complain… sadar ato ga? Rata-rata orang sehari melakukan complain (ato komplen) sebanyak 25 kali ato lebih *survey yang tak diketahui sumbernya* ;-p

Kenapa kok doyan banget siy komplain? Protes? Karena yah memang enak nyalahin orang, merasa diri kita tetap benar dan menyalahkan keadaan yang membuat semuanya jadi begini. Menyalahkan sesuatu selain diri kita sendiri adalah big relieve untuk sebagian orang (or most people?) ;-)

Padahal klo mau dipikir dengan akal sehat, kita protes knp hari ini panas itu sama aja seperti mempertanyakan knp matahari selalu bersinar jam 6 pagi? Maksudnyeeee.. mau kita protes seperti apa, itu tidak akan merubah keadaan. Memang klo kita protes cuaca yang panas selama sepanjang perjalanan ke tempat tujuan tiba2 langit akan berubah mendung dan hujan? Kayanya ga deh ;-)

Untuk sebuah proses keputusan yang kita telah ambil (bersama atau sendiri) dan tiba2 terjadi hal-hal diluar dugaan sehingga hasil akhir tidak sesuai rencana, siapa yang harus disalahkan? Siapa yang kita jadikan kambing hitam? Sejujurnya… dengan mencari siapa yang salah adalah bukan jalan keluarnya, dan lagi, mencari-cari kesalahan orang lain tidak akan merubah keadaan sedikitpun.

Daripada mencari kesalahan orang lain, lebih baik kita bersama-sama berpikir bagaimana caranya keluar dari problem ini, karena energi untuk mencari kesalahan orang lain dan mencari solusi adalah sama besar loh, ato malah lebih besar mencari kesalahan orang lain, karena plus marah2, plus ngambek berhari-hari dan plus2 lain yang pastinya menambah dosa juga ;-)

Tidak ada sesuatu yang 100% sesuai dengan yang kita inginkan, entah itu prosesnya atau hasil akhirnya? Itulah salah satu ciri khas dari kehidupan yang dinamakan ‘dunia’ nothing perfect !!

Beberapa minggu yl, di Oprah Show ada seseorang yang melakukan No-Complaint Campaign dengan cara tidak pernah mengeluarkan kata2 bernada negative selama sebulan penuh. Entah itu cuaca, suasana, pelayanan buruk atau hasil yang tak sesuai rencana. Tuhh…. Susah ga tuh? Sehari tanpa komplain aja rasanya seperti ada yang kurang, apalagi sebulan penuh? Dan apabila kita lupa dan melanggar, kita diwajibkan untuk melakukan ‘puasa’ komplain itu dari awal lagi…. Ck ck ck….

Coba kalo semua orang melakukan no-complaint campaign itu, sudah pasti dunia ga pernah ada yang namanya perang lagi ;-) *muluk amat yak*

Memang berat pertamanya untuk mengurangi kebiasaan komplain kita, tapi ga ada yang ga mungkin kalo berusaha.. awalnya sulit tapi kemudian less difficult, lesser, lesser.. and the rest will follow ;-)

Keuntungannya untuk kita apa? Wah banyak.. dengan hidup tanpa komplain, jiwa akan lebih tenang, lebih qonaah, dan yang penting kita baru saja ikut andil dalam make the world a better place.. ingat prinsip 3M, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari yang kecil dan Mulai hari ini

No comments: