Saturday, November 3, 2007

Serba serbi WAHM

Sudah hampir 1 bulan ini aku dirumah dan berusaha untuk menjalankan aktifitas sebagai work-at-home Mom ato istilah kerennya WAHM;-) tapi ternyata profesi itu tidaklah segampang bayangan.
Dulu waktu masih bekerja di kantor, aku selalu mikir, wah enaknya klo bisa kerja dirumah, bisa menghasilkan uang, plus anak juga terkontrol karena setiap hari pasti ketemu dan tau kegiatan dia dari A sampe Z, dari bangun tidur sampe tidur lagi

Ternyata jadi WAHM itu betul2 butuh dedikasi, komitmen dan semangat yang selalu harus tinggi dan menggebu untuk bisa menyelesaikan tugas2 yang ada. Gimana ga butuh dedikasi tinggi? Lah wong klo dulu di kantor kan selalu ada boss yang watch over our shoulder untuk memastikan bahwa staffnya yang satu ini selalu dalam supervisi dia dan bisa menyelesaikan tugas2 dengan baik dan timely. Nahhh… setelah memutuskan untuk menjadi boss diri sendiri maka otomatis yang pegang peranan watch over kan kita sendiri dan yang jadi staff juga kita sendiri tho…. Nahh disinilah letak kesulitannya…;-)
Yang dulunya bangun pagi harus tenggggg!! Jam 4 pagi, kalo ga bisa2 sampe kantor telat, dan akhirnya di cemberutin boss, sekarang setelah ga ngantor kan bangun jadi males…. Mulai ngerjain tugas juga di entar2in karena inget2 waktu kan masi banyak hehe…(ini dia penyakit hati di postingan sebelumnya)

Yang lebih seru lagi waktu mbaknya Alya dan pembantu blum dateng dari mudik. Alhasil aku harus pinter2 bagi waktu antara pekerjaan domestik seperti ngepel, nyapu, masak, beberes rumah, cuci2, jaga Alya dan pekerjaan non-domestik seperti Financial report dan SOP Accounting yang sudah lama teronggok di atas meja komputer butuh perhatian, dan jilbab2 yang tertumpuk rapi di dalam kontainer siap untuk diberi tag harga ;-) atau dikirim ke toko teman

Baru 2 menit menyalakan computer setelah kucing2an sama Alya *pas dianya lagi sibuk nonton cartoon network* aku berusaha untuk merancang SOP Accounting karena salah satu temen aku minta dibuatkan system Accounting di perusahaannya yang baru berdiri. Ini kan butuh “daya khayal” tinggi niy… alias harus konsentrasi tinggi, ehhhh ga lama setelah mulai ‘on’ Alya lari2 kecil ke arahku dan minta untuk duduk di pangkuanku. Dan seperti yang sudah ditebak semua khalayak..(hahaha) Alya minta aku untuk memasukkan CD game punya dia yang dia juluki ‘prosotan ajaib’ …halahhhh…….hasilnya?? SOP nya harus ngalahhh…..

Pernah juga aku berusaha untuk melakukan ‘pricing’ semua jilbab2ku, karena tadinya aku pikir Alya ga akan melakukan hal2 yang merugikan kegiatan ini ;-) tapi ternyata…. jilbab yang aku keluarkan dari container dan siap untuk di tagging… semuanya dia pake satu persatu, dan alhasil aku harus kejar2an dulu sama dia sebelum jilbab itu akhirnya berhasil aku beri harga

Memang WAHM itu tidaklah mudah, disiplin pada diri sendiri itu jauuuuuuh lebih berat loh ternyata…. Dan klo memang mau maju, disiplin diri itu penting banget. Sekarang aku masih dalam tahap belajar niy, belajar untuk disiplin bekerja, disiplin makan, disiplin tidur dan disiplin senang2…. (yang terakhir enak bangettt hehe)

Karena klo kita sudah bisa menjadi pribadi yang punya disiplin diri yang tinggi maka bisa dipastikan kita bisa juga disiplin kepada orang lain disekitar kita.

Biarpun sekarang aku masih dalam proses ‘PeDeKaTe’ untuk jadi 100% WAHM tapi aku tak akan menyerah biarpun perjalanan kesana tidaklah semudah bayangan. Aku tak akan mengganti my precious time sama Alya menjadi hari2 melelahkan nan panjang di kantor lagi…. Insya Allah ;-)

No comments: