Thursday, July 9, 2009

Perempuan itu Unique...

Banyak yang bilang "women are complicated..." ;-) dan memang sebutan ini ditujukan oleh para kaum laki2 tentu saja, yang tidak 'sepenuhnya' mengerti sampai sekarangpun.. bagaimana caranya meng-handle perempuan.. haha

entah percaya ato tidak, entah disadari ato tidak, sebenarnya yah memang.. perempuan itu complicated..hihihi... hayoo ngaku..

Coba contoh sederhana saja.. generally speaking loh ya... kalo ada yang protes dan bilang "ahh gue ga gitu mii.." mungkin disini ga gitu, tapi di tempat dan 'lahan' yang laen baru deh complicated nya keluar...

Perempuan memang pintar memulai pembicaraan, entah itu waktu lagi di ruang tunggu praktek dokter, di pasar, di angkot, dimanapun, tapi coba... berapa 'conversion rate' nya (halaaahh) yang akhirnya jadi teman? bukan sekedar acquaintance? kayanya ga banyak kan.... karena apa? karena perempuan betul-betul mencari apa itu yang namanya 'chemistry' dalam pertemanan... teman banyak, boleh2 aja, tapi yang betul2 'sreg' di hati mungkin ga banyak juga... dan definisi banyak disini tiap orang pasti beda kan, ada yang 10 udah dibilang banyak, tapi ada yang 3 orang aja are too much ;-)

Contoh lagi, dalam hal bisnis, kalo dua orang perempuan dalam satu bisnis, alias jadi partner bisnis, kenapa rate 'kelangsungan-hidup' dari bisnisnya itu lebih rendah dibandingkan kalo bisnis itu terdiri dari dua ato beberapa partner laki-laki? hmm...
* hasil dari survey diri sendiri yang mungkin tak bisa dimintai pertanggung jawabannya, sekedar tanya kanan-kiri dan pandangan mata*

Kemaren, aku janjian ketemu sama si ratu salon Yulia, mumpung si ibu satu yang super sibuk ini lagi muter sekitaran rumahku... hehe jadilah aku janji ketemuan di citoz... ;-)

Dari obrolan ngalur ngidul selama kurang lebih 2 jam, aku pendek kata, salut sama sistem franchise dari MOZ5, bedanya apa? disini betul-betul hubungan franchisee-franchisor itu seperti sodara, jadi bukan (hanya) murni bisnis dan profit dan omset dan karyawan...

Chemistry antara mba Yulia sebagai owner dan calon franchisee pun juga harus ada, jangan ntar udah dari awal ga cocok, ehh tapi tetep diterusin, ntar yang ada jadi berantakan...

Bukan cuman cocok2an dari visi misi yah, tapi dari personality pun juga harus match dong, namanya juga ntar bakalan intens ketemu, intens ngobrol, masa klo udah bete2an di awal mau diterusin juga? hihihi...

Aku jadi keingetan tentang biz ku sendiri, biarpun sebenarnya biz ku ini bukan di bidang service / jasa seperti punya mba Yulia, tapi antara aku sebagai owner dan pelanggan juga harus ada 'keterikatan'.

Ko ribet amat siy mi? bukannya klo di toko jilbab pembeli cuman dateng, liat2, beli dan kirim?

hmm ternyata ga kaya gitu juga ya, alhamdulillah aku punya beberapa pelanggan yang setia datang dan beli dan beli dan beli lagi, karena blio2 ini punya toko di daerahnya sana, dan alhamdulillah blio memilih aku sebagai suppliernya...

Jadi hubungan saling membutuhkan kan ada disini...

Bukan nya sok nolak pelanggan, tapi ada juga beberapa orang, yang terlalu demanding, dan ujung2nya aku merasa... dooohh.. cape dehhh... aku mendingan mundur deh klo ada yang kayak gini....

Karena bisnis bukan melulu karena uang, tapi kita juga harus bisa saling menghargai satu sama lain... jangan punya pikiran 'pembeli adalah raja' jadi se enak2nya aja ke penjual, kan ga boleh juga.. yang benar adalah 'pembeli dan penjual sama-sama raja' artinya kita saling membutuhkan, pembeli membutuhkan penjual untuk dapat barang yang mereka mau, penjual otomatis juga butuh pembeli untuk membeli produk mereka ..

Doh jadi out of topic...hehehe...

Hubungannya dengan 'perempuan itu unique' adalah....

Biarpun hubungan aku dan pelangganku biasanya cuman bisa via sms / chat / telfon, tapi ternyata itu cukup mewakili sebenarnya aku akan bekerja-sama dengan siapa...

Biarpun yang ditawarkan kerja-sama yang keliatannya asik banget, tapi klo hubungan personal antara aku dan dia ga nyambung, biasanya siy aku ga akan ambil juga penawaran itu...

Kalo mau ditanya "emang knp siy mi?? toh dia asik2 aja... toh dia ga ada masalah kan?"

memang siii... gimana ya... aduh susah jelasinnya, intinya yah ga nyambung aja...hehe..

tuh kan... mau jelasin aja udah complicated beneran .. :D

2 comments:

mirta said...

Duh jeng, makin menggurita niy biz-nya hehe alhamdulillah ya Mi, maw dunk ditularin dan diajarin...wah deket-dekt mba Yulia, bentar lagi buka franchise salon dong...Asyik. Salam ya untuk Alya dan Annisa :)

Mia Husen said...

makasii jengg mira... ;-)