Friday, July 24, 2009

Kode etik (per) dagang (an)

"mba dulu waktu mulai bisnis modalnya berapa?"
"mi... kamu beli jilbab-jilbab ini dimana si?"
atau yang lebih ok lagi
"berapa untung per bulannya mi?"

hmmmm pernah ga siy ditanyain gitu ? kalo aku jawabnya seriiiiiiiiiiiiing banget hahaha...

entah itu yang tanya sodara, tetangga, temen, ato malah orang yang sekedar lewat baca blog dan langsung kirim email khusus buat nanya pertanyaan2 itu....

begini ya, bukannya aku pelit, tapi memang pertanyaan-pertanyaan itu seharusnya siy ga boleh dan tabu banget ditanyain yah, karena itu kan 'rahasia dapur' dan itu sifatnya pribadiiii banget loh....

Bukan juga aku takut ada saingan ato apa, tapi emang untuk etika harusnya memang ga boleh ditanya.... intinya GA BOLEH... hahaha...

Ok lah, kesampingkan semua masalah etika.. sekarang kita ngomongin masalah logika aja...

Kalo semua informasi itu dulu aku dapatkan secara gratis, mungkin aku ga akan tau rasanya 'ditipu' gara2 barang yang kita beli kemahalan, ato malah barang yang kita beli itu ga sesuai sama yang dibilang penjual...

Buat pedagang, jiwa fight ato fighting spiritnya harus tinggi dong....

nah klo proses hunting cari supplier murah aja udah ogah2an alias pengennya di umpanin aja dan disuapin doang.. nahh bisa pasti deh jiwa wirausahanya juga biasa2 aja, alias ntar2an juga anget2 chic2 poo doang.. hehe... yakin deh...

Untuk berbisnis itu, yang nikmat adalah prosesnya... proses jatuh bangun, proses ngerjain semuanya sendiri, proses hunting supplier murah, hunting kurir murah, semua proses itu akan terasa manis nantinya....

Ada beberapa 'guru' wirausaha yang memang dengan sengaja ga mau membagi ilmunya secara gratis, kenapa? padahal blio2 juga orang yang amat sangat berkecukupan... alesannya adalah, kalo ilmu itu didapatkan secara gratis, niat untuk mengamalkan ilmu itu lebih rendah dibandingkan klo kita dapatkan dengan cara membayar... mahal pula.. misalnyaa...

Saran niy... daripada sibuk tanya-tanya, mulailah untuk action, sekecil apapun, bergeraklah, karena dengan begitu, pintu2 akan mulai terbuka, pintu ke arah supplier murah lah, pintu ke arah investor lah, apapun itu..... kita ga akan pernah tau klo ga dicoba kan...

Kalo sibuk tanya dan survey kanan kiri, waktunya habis deh buat survey dan ujung2nya ga ada pergerakan apa-apa.... rugi kan?

No comments: