Tuesday, July 7, 2009

Hebohnya sebelum Ramadhan...

Biarpun Ramadhan masi 1.5bulan lagi, gaungnya sudah berasa mulai dua bulan yang lalu... semua toko perlengkapan muslim bersiap-siap stock barang untuk persiapan permintaan jilbab, baju muslim, dan perlengkapan muslim laen yang pastinya dan insyaAllah akan melonjak tajam pada waktu menjelang Lebaran nanti...

Itulah yang membuat bundbund sampe ga sempat mau update blog...hahaha..ngeles...

Alhamdulillah, tak ada yang Maha Pemberi Rizki, hanya Allah semata...

Mau cerita sedikit tentang biz jilbab ku yah..

Dulu... duluuuu sekali waktu pertama kali memulai biz ini.. hehe kesannya kaya puluhan tahun lalu ya, padahal siy baru beberapa tahun yl, malah mungkin masi kalah sama lamanya jepang menjajah indonesia...hehehe... :D

Dulu waktu memulai biz jilbab ini, aku bisa dibilang asal jalan, mboh kamsut.. klo orang surabaya bilang...
Experience and ilmu secara agama juga minim banget tentang dagang berdagang...

Yang dulu aku tau, bahwa kalo berdagang itu membuka 9 dari 10 pintu rizki, nah hadist ato apanya juga aku ga ngerti juga, lah wong dapet baca dari blog orang laen juga...xixixi...kalo ada yang tau dalilnya monggo di share ya...

eniwei bussway...

Ternyata dari cara berdagang 'a la kebut dan hantam kromo' yang aku jalani itu, aku ko merasa ada yang kurang sreg aja ya...

Jadi mulailah aku mempelajari seluk beluk berdagang secara syar'i, karena memang apalagi siy yang dikejar? toh kita berdagang juga untuk mengharap ridho Allah kan...

Dan mulai deh terbuka satu persatu... sebenernya banyaaak banget yang sudah diatur dengan sedemikian rupa, tapi berhubung ga mungkin aku bahas satu persatu, aku share satu atau dua hal dulu ya...

**Pertama yaitu tentang pengambilan keuntungan ....

Aku dulu main asal ngasi harga aja untuk setiap barang yang aku jual :D yah namanya juga kurang ilmu kann... hehe...
Tapi sekarang, barang2 hanya aku patok 30% dari harga aku beli... setelah tentunya disitu ditambahkan ongkos bensin bolak balik ambil barang, yang paling2 jatohnya cuman Rp 1000/pc

Kalo mau dipikir, wah 30% dikit amat, karena tau kan harga jilbab itu kan ga besar, ada yang harga belinya cuman Rp 10,000 malah, jadi klo dijual lagi cuman dengan harga Rp 13,000 hehe... ga nutup ongkos kesananya.... :D

Ada juga barang2 (kaya ciput, dll) dengan harga Rp 5000, yah harusnya dijual lagi dengan harga Rp 6,500

Pertama kali, ada rasa 'ga terima' gitu... ehhe.. duh udah jauh2 ambilnya ko cuman naiknya dikit banget...hiks...

Tapi apa kenyataannya? ini pengalaman pribadi...

Untuk pedagang jilbab grosir seperti aku, amatlah penting untuk menjual satu tipe jilbab itu habis bis... hehehe...karena itulah kenapa pedagang grosir berani ambil untung sedikit tapi pembelian dalam partai besar? karena kita ingin barang kita habis dan cepet ganti model :D

Kalo pembelian eceran dan ujung2nya cuman sisa satu atau dua jilbab, itu yang bikin gemes...hehehe... soalnya mau dijual kadang sudah susah, apalagi klo mau ditawarkan ke pedagang lain, pasti mereka maunya seri warna lengkap kan...

Nah dulu, rasanya di setiap tipe jilbab yang aku jual, pasti deh.. pasti ada satu atau dua jilbab yang ga 'laku' atau klo laku itupun luamaaaaaaaa banget...

Tapi setelah, aku hanya membandrol harga jilbab dengan sistem 30%, jarang sekali jilbab yang tersisa, bukan.. bukan karena murah, toh harga2 jilbab yang mahal tapi aku jual hanya dengan kenaikan 30% toh langsung ludes tak berbekas :D

Aneh? ga... itu matematika Allah... ;-)

Kadang timbul 'keserakahan' manusia dengan menaikkan harga jauuuuuuh diatas harga pokok, yang ada apa? barang ga laku-laku.. kalo toh pun laku... bisa dijamin pembelinya ga bakalan repeat order.... pengalaman pribadi... bukan maksud apa2 :D

** Hal yang kedua aku dapatkan adalah : janganlah menjual barang yang tak ada padamu

Coba skenario ini... ada pembeli tiba2 buzz di YM ato sms ato telfon, tanya.. "bu.. jual mukena parasut ga?" padahal... jelas2 di butik aisyah ga jual tuh yang namanya mukena parasut kan... tapi dasar palugada (apa lu mau gue ada) aku jawab aja "ada buu... harganya sekian sekian, kalo yang tipe ini sekian kalo yang tipe itu sekian" dengan harapan harga di 'pusat grosir terbesar itu' pasti dibawah harga yang aku sebutkan...

Nah hal itu ternyata ga boleh loh ....

Karena antara pembeli dan penjual sedang atau akan melakukan akad dengan menentukan harga tertentu kepada barang yang dimaksud, dan jelas2 barang yang dimaksud tak dimiliki oleh penjual...

Yang mungkin dilakukan adalah mencari barang yang dimaksud, dimiliki dulu, baru deh dijual lagi :D

Gimana kalo partai besar?

Bilang secara jujur pada pembeli kalau barang yang dimaksud tak ada, jadi barang harus dicarikan dulu, dan untuk itu kita meminta uang muka / DP untuk membeli sample...

Semoga bermanfaat ya, sharing ini bukan bermaksud untuk menggurui ato apa, hanya sekedar berbagi pengetahuan :D salah satu upaya untuk (menuju) perdagangan yang islami dan menegakkan Sunnah ;-)

No comments: