Monday, May 26, 2008

Toxoplasma

Setelah aku dinyatakan positif hamil by a thing called HcG test pack ;-) aku langsung disuruh cek lab lagi oleh dokter kandunganku. Dulu pas abis begini, aku langsung cek lab lengkap, termasuk rubella dan teman2nya.. waktu itu Anti toxoplasma aku IgG (+) tapi IgM (-) dan dokter aku waktu itu bilang kalo selama yang positif adalah IgG yah gpp... asalkan janagn IgM-nya

Aku inget waktu itu pertanyaan aku cuman apakah aku disuruh menunda kehamilan? tapi blio bilang ga usah.. hamil aja gpp

Dan alhamdulillah 3 bulan setelah itu aku hamil dan dokter aku menyarankan untuk test toxoplasma IgG dan IgM lagi.

Hasilnyaaa.......wakk...ternyata IgG aku hasilnya 3x lebih besar dari hasil test yang pertama, tapi IgM masih dalam posisi negatif.

Pas kontrol ke dokter kandungan yang pertama hari sabtu yang lalu, dokter aku cuman bilang kalo hasil lab nya bagus2.. udah.. ga ada penjelasan lebih lanjut. Mau tanya2 tapi kok yah lupa...hehe.. pas nyadarnya udah sampe rumah dan nah maksudnya apa tuh kok baik2 aja, padahal hasil Toxoplasma IgG aku ber kali lipat lebih besar dari test awal.

Aku coba ngomong ke mertua malah jawabannya bikin aku semakin ga menentu..hehe.. kata blio, kalo kena toxo itu kemungkinan anak yang dilahirkan nanti dalam kondisi yang kurang sempurna...naudzubillamindzalik....

Makanya pas sampe rumah aku langsung mencari informasi se banyak2nya tentang apa itu Toxoplasma IgG dan IgM, dan apa artinya....

Untungnya ada Oom Google yang dengan setia dan gegap gempita memberikan informasi terbaiknya. Jadi ceritanya gini : kalo IgG yang positif itu artinya kalau tubuh kita pernah ter infeksi oleh virus toksoplasma, akan tetapi tertahan oleh imun tubuh kita. IgG adalah indikasi adanya 'ancaman' virus di waktu yang lampau, bukan masa kini

Tapi klo yang positif adalah IgM-nya, maka tubuh kita masih memiliki virus Tokso aktif dan kemungkinan virus itu untuk 'mengganggu' janin sangatlah besar. Malahan di Amerika, ibu2 yang terindikasi IgM positif dengan serta merta langsung disarankan untuk menggugurkan kandungannya...doh kasian ya...

Despite of all... Alhamdulillah ya Allah, karena ternyata yang positif adalah IgG aja, IgM tetap negatif setelah dua kali cek...insyaAllah ke depannya juga tetap negatif..amien..

Karena sebenarnya ancaman tokso itu hanya untuk janin yang usianya antara 0-12 minggu saja. Setelah 12 minggu maka kantung ketuban sudah tertutup dan ancaman dari virus2 luar insyaAllah tidak akan masuk dan mengganggu janin....

Beberapa hari yang lalu aku juga sempat mencari second opinion di dokter langganan sodaraku, dari blio aku diberi tau panjang lebar tentang tokso, plus pas disitu aku sempat ngeliat adiknya emba Alya.. kecill banget.. cuman baru 3mm hehe.. tapi udah keliatan kedut2, kata dokternya siy karena my baby jantungnya berdenyut, biarpun lemah.. ;-) duh lucunya.....

No comments: