Thursday, September 6, 2007

Bunda Abad 21

Terinspirasi topik yang sempat di bahas di salah satu milis yang aku ikuti, aku jadi kepikiran juga klo ternyata yang ditulis itu kebanyakan memang betul adanya...:D

Kalo dibandingkan ibu2 jaman kita dulu dan jaman sekarang (yah kita ini) pasti sudah berubah 180 derajat. Dulu, emak2 kita nyante aja punya anak 4, 6, 7 dst dst, dan teteppp anak2nya bisa kepegang semua, tapi coba kita aja punya anak satu udah pusing tujuh keliling. Dulu perempuan masih jarang yang kerja diluar rumah (ngantor), terlepas dari masalah penghasilan suami cukup ato ga yah, tapi malah setelah diamati, sekarang ini, banyak juga kok perempuan yang rela kerja diluar rumah biarpun sebenarnya penghasilan suami sudah lebih dari cukup, buat aktualisasi diri...katanya, biar gaul, nambah networking dll, segala macam alasan untuk itu...

coba sekarang aku cerita sedikit tentang keluarga mungilku ini :D
Dulu sebelum nikah aku sudah kerja kantoran, dan model kerjanya bukan yang tenggo karena dulu aku kerja jadi Even Organizer yang pasti waktunya ga tentu, terserah klien mau ketemu jam berapa dan hari apa, mau jam 11 malem di hari rabo juga hayoo.. mau ketemu jam 7 pagi di hari minggu juga ga boleh nolak.. kasiaan deh gue...

Terus setelah hampir 2 tahun di EO, aku mulai kepikiran buat cari kerjaan yang sesuai sama pendidikanku, yah sekolah udah jauh2 dan susah2 kok malah jadi EO, itu dulu pikirku... jadilah aku jadi Auditor..wahh accounting banget kan tuh..hahaha... for everyone info, auditor adalah kawah candradimuka buat para Accountants...haha.. pulang boro2 tenggo, pulang jam 9 malem aja udah dibilang 'soree amatt' haha... eniwe, akhirnya aku sekarang terdampar lagi di perusahaan minyak setelah 3 tahun berkutat jadi auditor, karena si kecil kasian klo ditinggal terus (sering keluar kota boo). Di tempat yang baru ini juga ga kalah sibuk, cuman aku masih bisa mampet2in waktunya dari jam 8 sampe jam 5 sore teng..ga boleh nengok2 dan ga boleh terlalu banyak haha hihi...dijamin kerjaan kelarrr...dan bisa pulang tenggo bertemu suami dan anak tercinta.. ato lebih tepatnya melakukan my 'real' job... ;-)

Bukannya ga sadar, sadar se sadar sadarnya klo kerjaan di kantor niy harus tetap konsisten dan commit buat bisa selesai on time, tapi yah berhubung ada niatan dan sekarang sudah 'terlanjur' action di biz jilbab dan perlengkapan muslim, maka aku harus bisa juga curi2 waktu di kantor buat sekedar blog walking, update blog biz, tulis sales letter, bales2in email pelanggan, telfon2 supplier dll. Wahh..yang dulunya ga boleh haha hihi sedikitpun, ehh sekarang setelah ditambahin untuk ngerjain 'my biz' malah semakin ga napas bukan? tapi enjoy ajaa...

Sekarang malah lebih asik lagi, sudah 3 minggu terakhir ini, aku selalu ikutan bazaar, entah itu di pengajian Uje, di Kemang Festival dan minggu ini di Festival Merdeka di Apartemen Rasuna - Kuningan. Kebayang ga gimana hecticnya mikirin persiapan bazaar di sela2 waktu dikantor, dan klo butuh ini dan itu harus betul2 dipersiapkan seminggu sebelumnya, ato malam, kalo masih buka... tapi kebanyakan siy tempat2 murmer buat kulakan kan bukanya siang tho.... jadi aku harus cuti, tapi klo terlalu banyak cuti juga ada yang ngambek booo... hahaha....

Lain lagi 'happy' problem dirumah, berhubung selalu di doktrin ibuku tercinta klo sebagai istri itu harus 'melayani' suami dengan sebaik-baiknya, se-iklas2nya kita.. maka setiap pagi aku bangun jam 04:00 buat nyiapin sarapan, baju2 dia dan alat2 mandinya... nah emang mandi di sungai apa? haha... maksudnya ambilin handuknya gitu loh... dan sarapannya siy bukan yang aneh2 kok, cuman palingan roti ama havermouth aja... pembantu siy ada, cuman rasanya kurang sreg aja klo minta pembantu yang nyiapin itu semua untuk suamiku...

setelah itu beres, aku langsung mandi, dandan dan siap2 ke kantor. Kalo hari kamis, si kecil biasanya kita anterin ke sekolah jadi jam 06:00 Alya harus mandi dan selaluuu...kalo liat bundanya lagi heboh nyiapin buat ini dan itu, Alya langsung aja mogok mandi sama mbaknya..dan pasti bilang "mau mandi sama Bundaaaa...." dulu siy aku ga antisipasi, jadi akunya belum siap, Alya udah merengek minta dimandiin aku, wahh... jadinya heboh. Tapi sekarang aku sudah antisipasi, by getting up an hour early so that i'll be ready for two of my jagoan kecil kalo2 mereka butuh sesuatu. Nah... jadi sekarang mandiin Alya kan ceritanya.... setelah mandi, terus dia pake baju (tapi kali ini sama mbaknya). Acara dia selanjutnya adalah sarapan... untunngg aku punya baby sitter yang tanggap dan cekatan, jadi dia sudah siapin semua keperluan Alya seperti sarapan, sepatu, baju seragam dll, coba klo dia ga ada..waduuuuuh...ga kebayang.. :D

Tapi jangan dianggap Baby sitter dan pembantu ga masuk hitungan masalah buat Bunda abad 21 ya. Mbaknya Alya ini punya pacar lebih dari satu, kadang sampe bingung, niy anak ijin pergi sama yang ini, nah terus yang itu telfon kerumah nyariin, katanya ga pergi sama dia *bingung ga*. Selalu tebar pesona kemana2 sampe ditiap sudut kota pasti ada yang pernah ada 'story' sama dia...hahahahha... nah kalo pembantu ku yang super diem namanya Nia itu, anaknya ga terlalu bermasalah, cuman kadang berhubung dia itu terlalu kalem dan pelaaaaaaan banget klo ngomong kadang aku klo ga pake kacamata ga terlalu ngerti apa yang dia omongin. Kalo aku pake kacamata kan at least aku bisa baca gerak bibirnya karena mengandalkan kuping aja kayanya ga mungkin. Tapi klo lagi di rumah dan kebetulan ga pake kacamata, aduhh aku sampe tanya berkali-kali.. "apa?? apa??" hehehe... tapi despite of all.. anaknya ga terlalu banyak tingkah, rajin dan rapi...alhamdulillah I've got her

Belum lagi belanja, menu hari ini, cucian luntur, pampers anak, kakak ipar, mertuhe, orang tua sendiri, kakak-adik....waaaaa.... memang jadi bunda itu ga gampang, apalagi bunda dengan segudang aktifitas disamping rumah tangga, tapi itu semua bukan mustahil.. untuk menjadi bunda yang berkarya

No comments: