Wednesday, May 6, 2009

Namanya belum rejeki...

"Mi.. kayanya aku mundur deh dari biz dbc, karena menurut fatwa MUI, bisnis m*lm itu haram"

dhuwerrrrrr.....

Kaya petir di siang bolong... *caelah ga segitunya kaleee*

tapi agak kaget juga ternyata aku dihadapkan ke masalah ini, hiks.. sedih juga
karena temenku ini sudah lumayan niat dan bagus banget untuk startnya di bisnis yang aku juga baru join sekitar 2 minggu

Aku disini ga akan mengeluarkan opini2 pribadi yang akan membuat dia untuk berubah pikiran, ga kok, itu hak tiap individu, dan aku juga boleh dong punya opini tentang keputusan yang aku sudah ambil.

Berhubung ada topik ini, akhirnya aku juga searching dong di Oom Google, plus tongkrongin forum dbc-network dan alhamdulillah, aku semakin yakin klo bisnis yang sedang aku rintis ini ternyata halal dan ga haram.

Yang diharamkan oleh MUI* adalah bentuk m*lm yang dikemas supaya menutupi maksud sebenarnya yang ternyata adalah money game, ciri-cirinya :
- bisa dapet duit dengan mengandalkan donlen saja yang bekerja
- tiap kali merekrut dapet bonus
- menjual produk kepada member dengan harga yang lebih mahal, dll
*referensi : http://www.eramuslim.com/konsultasi/fikih-kontemporer/halalkah-mlm.htm

dan alhamdulillah di dbc-network hal2 itu tak terjadi, malah di pembagian bonus sangatlah fair, biarpun posisi dia aplen, tapi klo dia ga kerja, bonus juga ga akan besar, kemungkinan juga bonus donlen lebih besar dari aplen. Jadi ga mungkin klo aplennya ongkang2 kaki tinggal tunggu hasil dari donlen terus dia dapet duitnya gitu? hmm... salah besar

Tentang pembelanjaan / penjualan dengan jumlah tertentu setiap bulan adalah wajar untuk bisnis ini, karena ibaratnya kita adalah marketer mereka, dan kita di target untuk menjualkan produk2 mereka dong, sekarang m*lm mana yang ga diharuskan untuk memakai produk mereka? kalo mereka tak menyarankan memakai produk malah harus hati2, jangan2 itu adalah kedok dari arisan berantai yang ujung2nya adalah money game.... nah ini baru haram

InsyaAllah, aku juga akan keluar lah dari bisnis ini klo ternyata mereka menganut sistem yang tak dihalalkan oleh agama, nah pengennya kan aku juga punya bisnis yang berkah dong, jadi nikmatnya bisa dirasakan di dunia dan akherat nanti... amien...

Alhamdulllah aku punya aplen yang super supportive, dan blio bilnag "tenang aja mi, patah tumbuh hilang berganti, bukan rejeki namanya... " dan pas sorenya, tiba-tiba aku dapet donlen baru..... makasih yah jeng.. ;-)

No comments: