Sunday, January 25, 2009

Umur 18 hari

Halah.... umur ko ya masi harian itungannya hehe... sebulan aja juga blum... apalagi setahun, dua tahun, apalagi kaya bund2 yah.... tiga puluh tahunnn...huuuuu dah tuweekk...

Selama 18 hari setelah Annisa lahir, kita (baca: keluarga Herinaldi) betul2 gone through alot...huhuu... seneng, sebel, sedih (sampe nangis sesenggukan), bahagia.. semuaaaaaa dehhh....

Makanya aku lama banget ga update blog, gara2nya Annisa sempat dirawat dirumah sakit gara2 Jaundice... alias kuning.. sebenernya ini bukan penyakit, tapi namanya dirawat di RS rasanya udah kaya yang sakit aja.

Annisa pulang kerumah tanggal 10 Januari, 7 hari pertama kondisi dia baik2 aja, ga ada yang aneh, semuanya kayanya normal. Minumnya bagus, ASI juga alhamdulillah lancar, udah deh ga ada yang mencurigakan... sampe dihari ke 7 aku liat mata Annisa ko agak kuning2 gitu ya. Sebenarnya hari ke empat setelah lahir, Annisa disuruh kontrol ke dokter tempat dia lahir, tapi berhubung pengalaman emba Alya yang dulu juga ga pernah kontrol, malah waktu 30-days-post-delivery kontrol, dokternya bilang gini "ga ada keluhan ga usah dibawa buu.. kasian anaknya" nahh jadi yah aku pikir Annisa ga 'komplen' yo wes aku ga bawa dia kontrol

Tapi waktu di hari ketujuh itu aku lihat mata dia agak kuning, aku langsung panik, secara waktu itu dirumah sendirian, hari kerja dan ibu mertua udah pulang setelah 6 hari nginep nunggu Annisa puput. Aku telfon papa dan aku disuruh pencet2in badan Annisa apa bekas tangan kita di badan Annisa kuning ga? dan ternyata iya... dohhh.. rasanya jantungku udah mo copot...

Memang siy, selama di rumah sakit dan pas pulang kerumah, cuaca kan hujan terus, jadi Annisa ga sempat jemuran pagi2 antara jam 7-9 pagi... klo ada panaspun baru jam 11, wah mana boleh jemuran jam segitu.. yang ada ntar gosong kaya kerupuk hehe...

Setelah yakin klo Annisa betul2 kena kuning, aku langsung beres2in barang dia, lari ke dokter... dan ternyata setelah cek lab, Annisa bilirubinnya 11.5, sebenarnya siy ga terlalu tinggi, tapi daripada lebih tinggi lagi kan... akhirnya kita setuju Annisa untuk dirawat... mulailah hari2 yang rasanya panjaaaaaaaaaaang banget....

Lihat Annisa masuk box dengan disinari bluelight (lampu biru untuk membantu pemecahan bilirubin), mata ditutup kasa, dan telanjang cuman dikasih popok aja... dohh ibu mana siy yang ga miris??

Aku juga disarankan ga terlalu sering nyusuin dia secara langsung karena dia kan butuh dibawah sinar itu 24jam.... akhirnya aku pompa aja ASI dan anter ke RS, tapi yah namanya baru 7 hari melahirkan, kan ga banyak2 amat tuhhh... dengan amattt sangat terpaksa akhirnya Annisa dicampur susu formula..hiks.. niatku buat ASI eksklusif hancur berantakan...

3 hari dirawat dirumah sakit tempat dia lahir, bilirubin dia bukannya membaik malah semakin naik... ambang batas untuk level bilirubin adalah 20 dan Annisa dihari ketiga bilirubin dia malah jadi 18.3 !!!!
Gimana aku dan papa ga panik? akhirnya kita tarik Annisa pulang paksa dari RS itu, alhamdulillah kita banyak yang bantu jadi ga terlalu ribet urusannya, dan kita masukkan Annisa ke RS dekat rumah di daerah Cinere yang memang langganan kita soalnya emba Alya kalo sakit ke dokter anak disitu.

Annisa langsung masuk RS itu di hari yang sama, dan langsung di infus... aduhhh kebayang ga siy, selama 4 hari dia sudah di cek darah 5x, dan sekarang harus di infus?? aku udah nangissssss aja bawaannya, tapi aku pikir insyaAllah ini buat kesembuhan dia, aku harus tega.. ;-(

Hari pertama, Annisa 'diberondong' double bluelight, infus, antibiotik dan obat2an untuk membantu penurunan kadar bilirubinnya... aduh rasanya aku ga bisa tidur mikirin dia di suntik2... lagian aku ga boleh jagain Annisa di RS, karena ruangannya steril, palingan aku bisa liat dia lewat kaca waktu anter ASI aja...

Hari pertama bilirubin Annisa langsung turun drastis ke angka 12, dan hari kedua sudah di level 9.7 dan Annisa boleh pulang, alhamdulillah.....

Sekarang kondisi Annisa insyaAllah sudah sehat, dokter bilang klo bilirubin sudah turun, maka kemungkinan naiknya hampir 0 %, insyaAllah ga naik lagi yah nak..... ;-)

Ini foto2 update my baby girls... dua2nya masi baby siyyy.. hihihi...

Annisa mau mandi.. tapi ga mau bangun juga hihihi
akhirnya setelah digelitikin mau juga bangun
Emba udah deh lengket banget ma adeknya
Emba maksa gendong biarpun adek nangisnya kenceng banget
Emba ma adek tidurrrr... setiap siang niy begini

No comments: