Thursday, July 5, 2007

Customer Ooh Customer

"Mba Mia, jilbab yang kemaren itu ga cocok deh"
"Punya aku kapan siy dikirimnya mbaa???"
"Loh...gimana siiyy katanya kemaren ada, kok sekarang ga ada"

Bisa ditebak kan cuplikan2 apa itu?? yah itu adalah kalimat2 dari para customerku yang tercinta... loh udah cerewet kok masih cinta? ya eya lahh klo ga gara2 mereka gimana aku bisa bayar tagihan, gaji pegawai, dll?? Tapi yah kadang2 memang sering 'menyedihkan' (kalo kata2 menjengkelkan ga boleh dipake).

Gimana ga? Kemarennya sempat kirim email tanya stock barang ini dan itu, dan ternyata ada beberapa barang yang ga ada, berhubung kan diriku niy masih bekerja niy.. yahhh..jadi nuwun sewu yaa tulung yaa.. bapak2 ibu2 jadi aku baru bisa cek2 stock tuh waktu sabtu dan minggu, itupun blum tentu ada. Misalnya niy, Ibu A pesan jilbab dengan sulam pita persissss kaya di foto, warnanya persissss kaya di foto, jumlah sulamannya pun persisss kaya di foto... aduuuuh makk yang begini niy bikin kepala nyut2an.. nah gimana bisa aku control pekerja yang jumlahnya puluhan?

Jadi misalnya hari Selasa niy (anggap aja gitu) mulai tanya2, ada ga barang ini, barang anu, barang inu, nah terus aku jawab deh, barang ini ada, barang anu tinggal warna hitam dan merah, barang inu tinggal ijo, pink, dan biru... tapi tetepp aja ngotot minta warna yang seperti dia mau. Ok lahh... akhirnya aku bilang gini "iya Bu, insyaAllah saya carikan barang persis seperti yang ibu harapkan, saya usahakan yah bu".. ehh besoknya tiba2 udah email lagi, confirm tentang orderan dia.. udah ada ato blum, udah bisa dikirim ato blum?" dan waktu aku bilang klo barangnya blum ada, ehh beliaunya sewot.. ck ck ck...arrrrrrrgh... bukannya aku udah bilang yak, akan di usahakan dulu, dan akan di check dulu dan ini baru satu hari geto looh...*gubrakkk!!* loh apa tuh?? kucing? tikus...???

Di tengah2 gejolak asmara niy *asik ga tuh* aku ga langsung reply email si ibu tadi, aku diem aja sebentar, menarik napas, baca istigfar, ya eya dong say, kalo langsung dibalas bisa runyam masalahnya ntar.. secara diriku niy ga terlalu sabar juga orangnya.. penuh dengan ledakan2 armageddon kata suamiku.. hahaha...

Nah aku putuskan untuk baca2 email dari komunitas tercintaku deh, TDA, biar agak2 sabar dikit dan agak2 mereda sedikit emosinya, sebelum akhirnya aku harus mereply. Setelah dibaca subject email2 yang masuk ke inboxku, pilihanku jatuh ke email berjudul "10 kesalahan melayani pelanggan" lupa yang tulis..hehe maap..
aku juga udah agak lupa apa isinya, tapi disitu aku betul2 kesentil banget nget ngett... pokoknya intinya segimanapun cerewetnya pelanggan, kita harus dengan sabar meladeni, menjawab, menjaga, NO NO bukan harus "unuk unuk" banget.. tapi kita sebagai pedagang *caelahh berani amat pake kata2 pedagang* harus tetap mendengarkan segala macam enak dan ga enaknya comment2 dari pelanggan kita...

Karena pelanggan yang puas akan menceritakan ke 1 orang lain dan pelanggan yang tidak puas akan menceritakan ke 10 orang lainnya... analisa siapa?? who knows? ;-P
Tapi betul juga loh.. contohnya, klo kita suka makan di restoran A misalnya, nah kita palingan bilang ama suami/istri klo disana tuh enak bener, ininya itunya, tapiii klo misalnya kita betul2 dibuat kapok di restoran tertentu, pasti deh tanpa ba bi bu kita langsung ngomong kemana2.. ya ga?? hayo ngakuuu...

Tapi bagaimanapun cerewetnya pelanggan2 jilbabku, aku tetap cintaaaah setengah mati sama mereka. Buktinya? mereka minta apapun, se aneh apapun.. aku akan tetap cari sampe kaki lecet2 gara2 jalan dari ujung ke ujung cuman cari sehelai jilbab polos dengan jenis kain tertentu... dan ujung2nya?? ga jadi dibeli...hahaha!!

No comments: